Saturday, March 9, 2013

motivasi dalam MSDM

Pengertian Motivasi
Dalam pokok bahasan bidang studi MSDM, motivasi merupakan bagian kecil dari sub topik pokok kajian ilmu yang menyangkut MSDM. Dalam sejarahnya teori motivasi berkembang di era 1950-an, dimana proses dan formulasi telah terbentuk ketika itu. Pengertian motif yaitu : Segala daya yang mendorong seseorang melakukan sesuatu (Prof. S. Nasution).
Pekerjaan merupakan suatu pertimbangan yang sangat penting dalam motivasi. Pada umumnya, alasan mengapa seseorang bekerja dengan semangat yang tinggi adalah pekerjaan itu sendiri memberikan lebih banyak dari apa yang dicarinya.
Pengertian motivasi menurut Veithzal Rivai (2003 : 455) adalah :
“serangkaian sikap dan nilai-nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu”.
Sikap dan nilai tersebut merupakan suatu kekuatan yang mampu mendorong individu untuk bertingkah laku dalam mencapai tujuan.
Motivasi menurut Fillmore H. Stanford yang dikutip oleh Anwar Prabu Mangkunegara (2001 : 93) Bahwa :
“motivation as an energizing condition of the organism that serves to direct that organism toward the goal of a certain class” ( Motivasi sebagai suatu kondisi yang menggerakkan manusia ke arah suatu tujuan tertentu).
Motivasi adalah kondisi yang menggerakkan pegawai agar mampu mencapai tujuan dari motifnya.
Sedangkan motivasi menurut Robert L. Mathis dan John H. Jackson (2001 : 89), yaitu :
“motivasi merupakan hasrat didalam seseorang yang menyebabkan orang tersebut melakukan tindakan”.
Dari berbagai pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sebagai kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja dalam mencapai tujuan.

No comments:

Post a Comment